;
Berbagai Macam Aneka Resep Puding Pilihan dan Cara Membuatnya

CARA MEMBUAT PUDING ZEBRA

Kamis, 10 Juni 2010

Satu lagi resep puding yang patut anda coba dan rasakan, yaitu puding zebra. Dikatakan puding zebra karena belang-belangnya mirip dengan zebra. Cara membuat cukup mudah dan rasanya tidak kalah jauh nikmat dengan puding sebelumnya seperti puding roti keju dan sebagainya. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan:
- Telur ayam 6 butir
- Gula pasir 300 gram
- Vanila 1/4 sendok teh
- Tepung terigu 80 gram
- Margarin 50 gram dilelehkan
- Air 300 ml 
- Susu kental manis 250 ml 
- Agar-agar warna putih 2 bungkus
- Cokelat bubuk 50 gram, dilarutkan dengan sedikit air panas


Cara Membuatnya:
  1. Basahi loyang dengan air, loyangnya berukuran bulat berdiameter 18 cm.
  2. Susu kental manis, air, agar-agar, dicampur dan aduk rata, kemudian masak di atas api kecil sampai mendidih. Sisihkan. 
  3. Telur dikocok bersama gula, vanila hingga mengembang dan kental, lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan margarin cair, aduk rata. 
  4. Agar-agar yang telah dimasak dituangkan ke dalam adonan telur, kocok perlahan hingga tercampur rata. Adonan dibagi menjadi 2 bagian, sebagian campur dengan cokelat, aduk rata, yang sebagian lagi biarkan berwarna kuning.
  5. Tuangkan 100 ml adonan kuning pada bagian tengah loyang, tuangkan kembali 50 ml adonan cokelat di atas adonan kuning. Lakukan terus secara bergantian hingga kedua adonan habis. Dinginkan hingga puding beku. Dan siap untuk disajikan.

Related Post



57 komentar:

ratusorayaraya mengatakan...

Untuk puding zebra pd waktu adonan terigunya kok ngga di masak pa nantinya bs matang n enak rasanya, aku sih blm coba tp enak ngga yach?

mengatakan...

untuk puding zebra kok airnya sedikit sih kira2 bisa beku ga pudingnnya trus terigunya kok ga dimasak sih enak ga rasanya ya??

Aneka Puding mengatakan...

@ratusorayaraya: kan terigunya udah disatukan sama bahan yang lainnya..

@ria: dicoba saja dulu..

mengatakan...

aku sudah coba, hasilx memuaskan, enak & lembut :)
thx resepx

RAMLI mengatakan...

lg cr bahan nie sobat untuk anak saya.... tank resepnya ...

mengatakan...

susu kental manis nya 250 ml itu segelas kira2 ya? hampir sekaleng...apa ga terlalu manis??

Aneka Puding mengatakan...

@anonim: itu Tergantung dari selera aja, mbak bisa kurangi bila g suka terlalu manis..

wachdiyaningsih mengatakan...

makasih infonya, mau coba ah..

mengatakan...

kayaknya yg nulis juga blm pernah buat he he he

mengatakan...

iya ko terigu dan telurnya gak dimasak sih? bakal sakit perut gak?
*penasaran

mengatakan...

hallo...ax kbetulan udh nyoba nie resep lho..biar terigu dan telur nya ga di masak tapi jamin ko,ga ada masalh setelah kami makanya.& untuk rasanya hmmmmmmm enakkkkkkkkk lho

mengatakan...

aku dah coba tp kenapa lembek ya jd stlh dipotong susah diangkat (hancur)

carpet mengatakan...

sepertinya enak saya akan mencobanya :)

mengatakan...

APAKAH MAKSUD TEPUNG TERIGU? TOLONG SAYA.
ADAKAH TEPUNG TERIGU SAMA DENGAN TEPUNG KASTARD?

mengatakan...

tepung terigu sama dengan tepung gandum, cmiiw..

Henny mengatakan...

aku udah pernah nyobain resep ini, jadinya enak bgt. jgn khawatir karena airnya sedikit atau terigu yg tidak matang, pas saya coba bisa keras ko pudingnya. jd ky puding cake gt jatuhnya, lembut bgt... kalo takut terigunya mentah, bisa di sangrai dulu, trus di ayak deh biar ga menggumpal

Aneka Puding mengatakan...

terima kasih mbak henny udah mampir dan atas sharenya,,jangan bosan2 untuk berkunjung lagi...

mengatakan...

pingin ikutan nyoba,mudah2an sukses jd bisa dipake jualan,hehe. thanks ya resepnya.

mengatakan...

saya udah sering bikin ini..cuma cara bikin belang zebranya gak kayak gini,jd gak terlalu cantik tampilannya...cuma aq aduk pake sendok aja dengan adukan melingkar..

mengatakan...

wow sepertinya yummie nich.. i love puding... mo nyobain ach...

mengatakan...

terigu yg digunakan terigu protein sedang atau protein rendah? soalnya 2x bikin pake terigu protein sedang kok jadinya lama bekunya & terasa tepung..padahal telurnya sdh mengembang bagus, dan cara mengaduknya jg pelan

apanya yg salah ya, mohon saran nya..thx

Aneka Puding mengatakan...

mbak gunakan tepung protein rendah, kalau telurnya sdh mengembang tepungnya jangn dimasukkan sekaligus, tapi bertahap, dan usahakan jangan terjadi gumpalan....
banyak komentar yang masuk tepungnya terasa atau ga matang.... sebenarnya ini resep dari ibu, tapi kalau kurang merasa srek.... pudingnya boleh dikukus dulu sekitar 10 - 15 menit terus di masukkan ke lemari pendingin, dan di nikmati sewaktu dingin.... jadi terasa seperti cake puding.... selamat mencoba...

mengatakan...

wah bener dugaan saya, pasti salah di tepungnya hehe...karena waktu buat pertama kali saya pake tepung protein rendah hasilnya sangat memuaskan..eh pas coba untuk kedua & ketiga kali nya pake tepung protein sedang malah gatot

baiklah, terimakasih penjelasannya..sukses selalu aneka puding ^^

mengatakan...

kasiiiaaannnn

hehehehehhe

mengatakan...

tepung protein rendah itu contohnya apa?
trims

mengatakan...

mau tanya nih contohnya tepung protein rendah dan tpung protein sedang contohnnya seperti tepung merk apa ya mba..?

Aneka Puding mengatakan...

untuk merknya biasanya saya pake tepung segitiga..

Amie mengatakan...

Thank's resepnya..... Sekali coba langsung jadi, terus enak banget pudingnya..

mengatakan...

Tks resepnya...saya coba ternyata ...yummy..

Grosir Online Bandung mengatakan...

Terima kasih bos atas informasinya sangat bermanfaat bagi kami. Semoga Allah,SWT membalas kebaikan bos.
Terima kasih,
http://www.grosironlinebandung.com/
Pusat Grosir & Retail Distro & Fashion Bandung, Fashion Anak, Fashion Muslim, General Fashion, Asesoris Fashion & Outdoor The Adventure Equipment Performance

mengatakan...

tanya donk mbak...
mengocok telur & gula nya pakai kecepetan yg mana? (rendah, sedang, tinggi)
dan biasanya berapa lama menngocok untuk mendapatkan tekstur yg mengembang & kental?
trims ya, :)

Aneka Puding mengatakan...

kalau mengocok telur dan gula biar mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan kecepatan tinggi....
waktu yang di perlukan kurang lebih 7 - 10 menit biar bahan telur dan gula menyatu dan tidak mudah mencair kembali apabila di diamkan.... selamat mencoba :-)

dwi asriyanti mengatakan...

hmm, thanks ya resepnyaa ... enak nih :)
dapat bnyak jempol dari semua tester :)

Mohede Hen mengatakan...

dikukusnya sampe brapa menit?

mengatakan...

kok lembek ya mba ng mau beku kenapa ya

mengatakan...

TELUR DI KOCOK BERSAMA GULA, SETELAH MENGGEMBANG DIMASUKAN TEPUNG, AGAR2 YANG SUDAH DIMASAK DIMASUKIN ADONAN TERSEBUT. INI SAAT AGAR2 DINGIN ATAU SAAT AGAR2 HANGAT2???........
KALAU DINGIN APAKAH TELLORNYA NGGK AMIS???

TOLONG DIJAWABBBB.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.'
BUTUH BGAETTT,,.,.,

mengatakan...

rasanya sih yummy tapi ko teksturnya ga beku ya? lembek gitu, ga mau beku2..... harus berapa lama ya nunggu bekunya? makasi untuk jawabannya

Aneka Puding mengatakan...

mohode hon : kurang lebih sampai adonanya matang, caranya tusuk adonan dengan lidi, jika adonan sdh ga melengket di batang lidi, itu menandakan sudah matang.

Anonim: setelah agar - agar yang telah di masak artinya, setelah agar - agar mendidih, kita sedikit dengan adonan telur kemudian kita gabung lagi dengan adonan agar - agar... didihkan sebentar bersama adonan telur..setelah itu bagi dua adonan... lihat cara pembuatan selanjutnya pada resep... selamat mencoba

Anonim; puding kadang kala ga beku itu dikarenakan air yang digunakan tdk seimbang dengan adonan...cb chek kembali cara pembuatan dan pemakaian air pada saat anda membuatnya...terima kasih.....

mengatakan...

apa telur yg dikocok hrus sampai berwarnah putih dan mengembang?...trims

ira desiyanti mengatakan...

sdh buat, tp kok pudingnya gk mw mengeras, pdahal sdh sesuai dengan resep. sdh 1 hari pudingny tdk mengeras2

mengatakan...

karena aku gak suka manis, gulanya dikurangi jadi 250 gram aja, terus dikukus 15 menitan. Hasilnya...enak banget!! terimakasih resepnya

mengatakan...

basahi loyang dengan air maksudnya apa ya??
apa di dalam loyang di masukkan air sedikit????

mengatakan...

waaahhh.....kayaknya enak ne, jd pengen coba, mdh2an berhasil :)

mengatakan...

untuk telur, apakah putih telurnya aja atau kuningnya aja, atau utuh (kuning+putih)? thanks.

mengatakan...

vanilanyakan kalo gak salah buat perasa ya?bisd gak kalo vanilanya di ganti dengan yang lain? Esens jeruk misalnya? Atau apalah. Tolong di jawab ya,,, thanks.

ika mengatakan...

postingan yang bagus bisa memberikan referensi,
jika sempat mampir dulu ke blog saya
http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

terimakasih

Kreasi Marie mengatakan...

Wahh enak nihh, kita juga punya beberapa resep kreasi, yuuk klik linknya http://www.kreasimarie.com/

Maria Melisa mengatakan...

saya sudah mencobanya
rasanya enak tapi ,
diatasnya busa nya masih ada
apa kebanyakan telur ?

Obat Pelangsing mengatakan...

saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca tentang cara membuat puding zebra.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Leona Ariesta Novlesia mengatakan...

Kebetulan aq udh pernh cobain enak banget cm resepnya aq edit dkit :D jd 3 bks agar" airnya jg ditambh,soalnya klo sesuai resep kekentalan zebranya gk bs jd sempurna :)

OBAT KEPUTIHAN HERBAL mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

mengatakan...

Aq udah coba,alhamdulillah enak,hanya aq kurangi kadar manisnya dan diberi topping buah peach..thx for the recipe

mengatakan...

waaahhh... kayaknya enak ne, jdi pingin coba untuk buka puasa mdh2an berhasil.... !!!!!!!

Resep Masakan mengatakan...

Terima kasih, Aneka Resep Masakan di situs ini sangat berguna buat saya :)

mengatakan...

Oia vanila tu yg kya gmn yaaa,,,sejenis vanili it kah??? yg sering d'masukkin k'adonan kalo bkin kue bolu???

mengatakan...

oia untuk vanila it yg kaya gmn yaa??? apa sejenis vanili it kah??? yg buat bahan bikin adonan kue bolu???

mengatakan...

( ´ ▽ ` ) mαkαcíhhhh.....
Buat resepnya.. Kayanya enak ne..
jd pengen nyoba,,

Poskan Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTARNYA.